Jumat, 15 Mei 2009

Sejarah dan Perkembangan Internet


Internet Explorer Logo

Perkembangan Internet saat ini begitu cepat, tak heran banyak orang merasa ada yang kurang bilamana sehari saja tidak dapat mengakses Internet. Terlebih bagi mereka yang sudah akrab dengan browsing, e-mail, blogging, chatting, messenger, dan masih banyak lagi, merupakan suatu rutinitas yang harus dilakoni dan tak bisa terlewat begitu saja. Memang benar bagi sebagian orang Internet merupakan kebutuhan, karena dengan Internet selain tujuan diatas juga kita bisa mengakses dan menemukan segala informasi di seluruh penjuru dunia dengan cepat dan mudah. Saat ini kebutuhan Internet sangat penting sehingga peningkatan jumlah pengguna Internet setiap tahun yang selalu meningkat di seluruh dunia. Khusus di Indonesia sendiri jumlah pemakai Internet baru mencapai sekitar 20%, 15% diantaranya masih pemula (termasuk saya) dan akan selalu meningkat dengan peningkatan yang cukup besar.

Lahirnya internet dimulai di Amerika Serikat, yang pada saat itu masih dalam keadaan perang. Sebelum internet ada, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 yang bekerjasama dengan beberapa universitas di Amerika Serikat membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari terjadinya informasi terpusat. Bila salah satu bagian dari sambungan jaringan terganggu oleh serangan musuh, maka jalur yang melalui sambungan itu secara otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu internet digunakan oleh kalangan akademis untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Selanjutnya, pemerintah Amerika Serikat memberikan izin ke arah komersial pada awal tahun 1990.

Hingga kini, di abad 21 komputer menjadi suatu media yang sangat konvensional di dunia terlebih dengan teknologi lain yang telah ditanamkan di dalamnya yaitu jaringan Internet. Teknologi informasi telah membuka mata dunia akan sebuah dunia baru, interaksi baru, market place baru, dan sebuah jaringan bisnis dunia yang tanpa batas. Disadari betul bahwa perkembangan teknologi yang disebut internet, telah mengubah pola interaksi masyarakat, yaitu; interaksi bisnis, ekonomi, sosial, dan budaya. Internet telah memberikan kontribusi yang demikian besar bagi masyarakat, perusahaan/industri maupun pemerintah. Hadirnya Internet telah menunjang efektifitas dan efisiensi operasional perusahaan, terutama peranannya sebagai sarana komunikasi, publikasi, serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Advertise

Blog Statistics

 

Selamat Datang di Ngayuhayu | Copyright 2009 All Rights Reserved Revolution Two Theme by Brian Gardner | Converted into Blogger Template by Bloganol dot com | Edit Theme by ngayuhayu