Jumat, 22 Mei 2009

Langkah-langkah membuat Blog


Akhir-akhir ini mulai banyak diperbincangkan seputar Blog yang katanya Blog itu banyak manfaatnya, mulai dari blog digunakan sebagai wadah inspirasi hingga tempat berbagi ilmu dengan para blogger lainnya bahkan mungkin merupakan tempat yang bisa mendatangkan keuntungan hanya dari blog. Namun sebelum itu semua patut diketahui bagaimana sebenarnya langkah-langkah atau tahap demi tahap membuat Blog itu sendiri? Nah pada kesempatan kali ini saya mencoba menjelaskan langkah-langkah tersebut.
Sebuah blog adalah situs web Anda yang mudah di gunakan, di mana Anda dapat dengan cepat memposting pemikiran Anda, berinteraksi dengan orang lain, dan banyak lagi. Blog Anda menjadi apapun yang Anda inginkan. Ada berjuta-juta blog, dalam segala bentuk dan ukuran, dan tidak ada aturan yang sesungguhnya.
Dalam terminologi sederhana, sebuah blog adalah sebuah situs web, di mana Anda menuliskan hal-hal yang berbasis peristiwa yang sedang berlangsung. Hal yang baru tampil di paling atas, sehingga pengunjung Anda dapat membaca apa yang baru. Kemudian mereka dapat mengomentarinya atau menambahkan link atau meng-e-mail Anda atau tidak.
Sejak Blogger diluncurkan pada 1999, blog telah mengubah bentuk web, mempengaruhi politik, mempertajam jurnalisme, dan memungkinkan jutaan orang untuk memiliki suara dan terhubung dengan yang lain.
Saat ini terdapat dua layanan yang menyediakan blog secara gratis yaitu blogspot (bloger) dan wordpress. Kali ini saya akan memberikan panduan cara membuat blog dengan blogspot (blogger) saja. Alasannya karena menurut saya cara membuat dan mengelola blog di bloger lebih mudah dibandingkan dengan di wordpress. Namun demikian saya akan memposting artikel langkah-langkah membuat blog melalui wordpress.
Berikut merupakan langkah-langkah membuat Blog hanya dalam 3 tahap mudah:

  1. Membuat sebuah account (Google Account)

Blog - Ciptakan Sebuah Akun GoogleKemudian anda akan disuruh melengkpi form seperti alamat e-mail yang masih aktif dimana alamat akan digunakan untuk login ke blogger, ketik ulang alamat e-mail, masukkan sebuah password, ketik ulang password, nama tampilan, verifikasi kata, dan penerimaan persyaratan (centang). Data yang anda masukkan fungsinya untuk membuat Akun Google (Google Account) yang nantinya dapat Anda gunakan pada layanan Google. Jika semua sudah dilengkapi klik “Lanjutkan” untuk menuju langkah berikutnya.


  1. Pemberian Nama Blog Anda

Seperti pada gambar diatas, pertama terdapat Judul Blog yang akan muncul pada blog yang Anda publikasikan. Kemudian masukkan alamat blog (URL) yang Anda inginkan tapi sebelum nama blog anda diterima klik “Cek Ketersediaan” tujuannya yaitu apakah alamat yang Anda masukkan masih tersedia atau tidak, jika tidak maka Anda harus memasukkan alamat lain, jika tersedia berarti alamat Anda diterima dan lanjutkan pada verifikasi kata. Jika semua sudah lengkap silahkan klik “Lanjutkan” untuk menuju langkah selanjutnya.
Blog - Pilih Sebuah Template


  1. Pilih Template

Langkah selanjutnya adalah Pilih sebuah template seperti pada gambar diatas. Pada tahap berikut silahkan Anda memilih sebuah template yang telah disediakan sesuaikan dengan selera Anda. Template yang Anda pilih merupakan tampilan blog Anda yang akan dilihat oleh blogger lainnya. Ini merupakan langkah terakhir dalam membuat blog. Jika sudah memilih sebuah template silahkan klik “Lanjutkan”. Nah selesai sudah, blog Anda suda jadi! Untuk memulai blogging silahkan klik “Mulai Blogging”.
OK…kiranya seperti itu langkah-langkah dalam membuat blog, selamat mencoba!
Oya bagi pembaca yang budiman kasih komentar ya…!

0 komentar:

Posting Komentar

Advertise

Blog Statistics

 

Selamat Datang di Ngayuhayu | Copyright 2009 All Rights Reserved Revolution Two Theme by Brian Gardner | Converted into Blogger Template by Bloganol dot com | Edit Theme by ngayuhayu